Calon Mempelai Pria dan Wanita Harus Tahu Hal Ini Sebelum Melangsungkan Pernikahan Impian di Bali

Sudah bukan rahasia lagi Bali menjadi destinasi favorit dari lokal hingga penjuru dunia. Bali adalah tempat dimana keindahan alam berpadu dalam kekayaan budaya, menciptakan suasana unik yang membuat Bali menjadi destinasi ideal untuk pasangan dalam pernikahan eksotis dan romantis.

Namun, menikah di Bali tidak hanya sekedar memilih venue dan memesan tanggal. Akan ada persyaratan yang harus dipenuhi, kebijakan-kebijakan yang harus dihormati, dan juga detail logistik yang harus diurus. Maka dari itu, pentingnya mempersiapkan detail dari A-Z dan hal-hal apa saja yang harus kamu ketahui sebelum kamu berkata, “I do,” di Bali.

Atur budget yang sesuai agar pernikahan impianmu menjadi nyata

Courtesy Photo of Delont

Courtesy Photo of delontphotoholic | Venue: Anantara Uluwatu Bali Resort

Sangat penting mengatur budget agar pernikahan impianmu bisa terwujud di Bali. Banyak sekali hal-hal yang perlu dipertimbangkan seperti biaya venue, biaya vendor, biaya makanan dan minuman, biaya transportasi, dan lain-lain. Pastikan kamu memiliki anggaran yang cukup dan jangan lupa selalu siapkan emergency budget untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu yang darurat.

Mencari venue yang pas dengan tema pernikahan mu

Courtesy Photo of axioo.bali

Courtesy Photo of axioo.bali | Venue: Infinity Chapel by Conrad Bali | Decoration: Konsep Sejiwa Decoration

Courtesy Photo of antheiaphoto

Courtesy Photo of antheiaphoto | Venue: Six Senses Uluwatu | Decoration: Aisle Project

Bali menawarkan berbagai macam venue dengan pemandangan yang menakjubkan. Kamu bisa memiliki pernikahan di kelilingi hutan tropis dan lembah asri Bali, di tepi pantai yang diiringi alunan ombak, bahkan di atas tebing sambil menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan. Pastikan venue yang kamu pesan sesuai dengan tema pernikahanmu.

Akomodasi & transportasi untuk mempelai dan keluarga

Courtesy Photo of Delont

Courtesy Photo of delontphotoholic | Venue: Anantara Uluwatu Bali Resort

Karena Bali memiliki transportasi umum yang terbatas, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyewa mobil atau motor selama tinggal di Bali. Jangan lupa untuk memesan kendaraan tersebut jauh-jauh hari sebelum tanggal pernikahanmu. Untuk mengurangi budget transportasi, mungkin lebih efisien memesan tempat penginapan yang sama dengan venue. Atau jika venue tidak memiliki resort/villa, kamu bisa memesan tempat peristirahatan di area yang sama dengan wedding venue-mu.

Banyak berbagai pilihan vendor terbaik di Bali

Courtesy Photo of rantingphotobali

Courtesy Photo of rantingphotobali | Venue: Villa Latitude Bali | Decoration: Izatta Dekorasi

Courtesy Photo of morden.co

Courtesy Photo of morden.co | Venue: Pandawa Cliff Estate | Decoration: Silverdust Decoration

Jangan khawatir, Bali memiliki banyak vendor-vendor terbaik. Mulai dari vendor expert wedding planner, berbagai vendor aksesoris yang cantik dan elegan, vendor fotografi yang berpengalaman, vendor catering yang menyediakan hidangan lezat dari Indonesia dan dunia, hingga vendor MUA berkualitas bisa kamu temukan disini.

Pahami tradisi dan budaya Bali dengan baik

Courtesy Photo of atphotographybali

Courtesy photo of atphotographybali | Venue: Villa Vedas Bali

Unik nya, kamu juga bisa memasukkan unsur-unsur budaya Bali yang kaya dan unik ke dalam acara pernikahan kamu, untuk memberikan nuansa yang lebih lokal. Tapi, pastikan kamu memahami tradisi dan budaya Bali dan memperhatikan tata cara pernikahan yang berlaku di sana.

Siapkan persyaratan hukum & dokumen yang diperlukan

Ada beberapa persyaratan hukum yang harus dipenuhi dan juga dokumen-dokumen penting yang harus disiapkan untuk menikah di Bali. Dokumen penting yang perlu disiapkan seperti kartu identitas, termasuk surat keterangan lajang, paspor, dan visa turis jika kamu bukan warga negara Indonesia. Pastikan kamu memahami persyaratan nya dengan baik dan memenuhinya sebelum kamu memutuskan untuk menikah di Bali.

Selalu update tentang cuaca di Bali

Bali memiliki iklim tropis dan 2 musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Selalu update tentang cuaca dan pastikan kamu memilih tanggal dan bulan yang tepat, terutama jika kamu menginginkan pernikahan outdoor dan mengincar pemandangan seperti pernikahan di beachfront atau diatas tebing saat sunset. Namun ada kala nya, cuaca tidak bisa di prediksi. Jadi pastikan kamu memiliki plan B agar pernikahan impian mu bisa terwujudkan.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP
0