Makanan Wajib Ada di Pesta Pernikahan Adat Minang

Foto: dok. Istimewa

Bagi Anda orang Minang atau yang memiliki calon pasangan orang Minang, saat ingin menggelar pesta pernikahan pastilah tak bisa jauh dari masakan khasnya. Ada berbagai jenis makanan yang biasanya disajikan saat pesta, namun beberapa makanan ini selalu dan wajib ada saat menjamu tamu.

  1. Rendang

Makanan yang biasanya menggunakan olahan daging sapi ini sudah menjadi makanan nomor satu dalam World’s 50 Delicious Food versi CNN Internasional. Namun, ternyata rendang tak melulu daging sapi. Bisa juga menggunakan daging ayam, telur, daging kambing dan lainnya.

Rendang ini memiliki cita rasa yang sangat unik karena dalam pembuatannya menggunakan banyak rempah khas Indonesia. Rendang ini juga memiliki cita rasa India bahkan juga cita rasa khas mediterania Eropa Timur, sehingga cocok di lidah banyak orang di seluruh penjuru dunia.

  1. Cancang

Bagi yang menyukai masakan Padang, pasti sudah mengenal menu satu ini yang terbuat dari olahan daging sapi atau kambing yang dicincang hingga berukuran kecil. Bila rendang hanya menggunakan olahan dagingnya saja, berbeda dengan cancang yang berisi daging, tetelan dan jeroan sapi atau kambing.

  1. Sate Padang

Menu ini merupakan salah satu makanan yang paling diincar para tamu saat pesta pernikahan adat Minang. Perpaduan cita rasa gurih dan pedas khas Sate Padang bisa menggoyang lidah Anda saat menyantapnya. Alasan lain Sate Padang menjadi primadona di pesta pernikahan adalah, Anda tak repot saat ingin memakannya. Bila makanan lain harus menggunakan garpu dan sendok, saat memakan sate Anda dengan mudah hanya menggunakan tusuk satenya saja tanpa alat bantu lain.

Faktanya, tak hanya Sate Padang yang ada di Sumatera barat. Ada juga Sate Pariaman dan Sate Padang Panjang sesuai daerah asal sate itu sendiri. Perbedaannya mulai dari warna hingga tekstur kuah satenya. Dengan adanya perbedaan itu, sate asal Sumbar ini tak kehilangan cita rasa khas Sumatera Barat.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP
0